SMK Nuris Jember – Sepeda motor yang merupakan kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin.
Untuk penggunaan sepeda motor khususnya di Indonesia sendiri terbilang sangat populer hal ini karena harganya yang terbilang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta biaya operasionalnya yang terbilang cukup hemat.
Nah, agar sepeda motor anda tetap maksimal saat dipakai terus menerus maka perlu sekali dengan adanya pemeriksaan ringan pada sepeda motor anda, untuk lebih jelas dan memahami bagaimana dan apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam servis ringan simak saja ulasan berikut ini:
Adapun cara servis ringan dalam hal ini seperti:
Baterai/aki
Untuk pemeriksaan baterai dalam hal ini meliputi tiga aspek seperti: ketinggian aki, jenis dan keadaan terminal. Dan langkah-langkah servisnya seperti:
1. Lepaskan terlebih dahulu kabel negatif (-) aki, lalu kabel postif (+).
2. Lepaskan aki dari rangka/dudukannya.
3. Pemeriksaan ketinggian cairannya elektronik, pastikan berada diantara garis lower dan upper, bila berada dibawah garis lower tambahkan air aki sampai tepat mencapai garis upper.
4. Pemeriksaan berat jenis cairan aki dengan menggunakan hydrometer standar: 1.26 pada suhu 20 derajat celcius (type 6 volt), 1,28 pada suhu 20 derajat celcius (type 12 volt). Bila hasil pengukuran hanya 1,22 pada suhu 20 d/c berarti aki disetrum.
5. Periksa terminal aki apakah ada karat atau kotoran, bersihkan dengan cara menyiram terminal dengan air panas.
6. Setelah yakin aki dalam keadaan baik pasang aki dengan urutan pemasangan kebalikan dengan melepasnya.
7. Dan periksa kabel pipa ventilasi terpasang dengan baik.
Saringan Udara
Apabila elemen saringan udara tersumbat oleh debu, maka akan dapat menghambat masuknya udara yang mengakibatkan tenaga mesin dan bahan bakar menjadi sangat boros.
Maka periksa dan bersihkan saringan udara dengan cara sebagai berikut:
Keluarkan saringan udara dari tempatnya dengan terlebih dahulu membuka sekrup penutupnya untuk jenis bebek diawali dengan membuka leg shild tengah, kiri dan kanan.
Pisahkan saringan udara dari pemegangnya.
Sediakan cairan pencuci (minyak tanah) pada saringan type basah (air sabun) pada filter busa (filter kering) atau kertas cukup disemprotkan pada angin bertekanan.
Kemudian celupkan saringan udara dengan oli SAE 20-50 untuk jenis filter busa.
Karburator Dan Injektor
Apabila membongkar kaburator tidak perlu keahlian khusus, langkah yang harus pertama kali dilewati adalah dengan membuka baut yang mengikat karbu dengan intake dan buka baut baut klem pada chamber karburator, lepas pelampung.
Pilot jet dengan obeng (-), lepas main jet dengan (kuncii 7 pas), bersihkan semuanya itu dengan mencuci pakai bensin atau dengan menggunakan carburator cleaner, lalu semprot dengan angin bertekanan, memasang kembali kebalikan dari pada membongkar.
Dan untuk sepeda motor yang bersistem injeksi dalam merawatnya pada komponen injektor kemudian membersihkannya dengan menggunakan carburator cleaner, agar kotoran yang menempel dilubang-lubang yang berada di injektor tersebut menjadi rontok.
Itulah sedikit cara pemeriksaan ringan pada sepeda motor dari kami, semoga ilmu tersebut dapat bermanfaat bagi anda semua.